Langsung ke konten utama

Tutorial menggunakan fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam membuat surat masal

Dalam membuat surat masal di Microsoft Word  telah tersedia menu Mailings yang terdapat  mail merge yang dapat menyatukan beberapa dokumen menjadi satu, sehingga dapat mempermudah kita dalam memasukkan data-data yang diperlukan di dalam pembuatan surat masal . Berikut adalah penjelasan mengenai toturial menggunakan fasilitas mail merge di Microsof Word :

Langkah pertama, saat membuka Microsoft Word silahkan buka menu Mailings dan pilih Select Recipients lalu klik Type New List untuk memasukkan data-data yang kita butuhkan dalam pembuatan surat masal , contohnya yaitu sebagai berikut :


Langkah kedua, silahkan masukkan data-data yang kita butuhkan. Selain itu  kita juga dapat mengatur data apa saja yang ingin dimasukkan dan menghapus data yang tak diperlukan dengan mengklik Customize Columns seperti contoh dibawah ini misal kita tak email maka email bisa kita hapus.

Langkah ketiga yaitu isi kolom dengan data yang sesuai dengan kebutuhan kita di kolom yang telah kita atur tadi, dan apabila ingin menambah kolom silahkan klik  pilihan NewEntry

Langkah keempat, setelah semua data telah diinput, silahkan save database surat dan masukkan ke dalam format surat kita yaitu dengan cara memblok format surat yang ingin ditampilkan datanya dan klik Insert Merge Field lalu pilih data mana yang ingin ditampilkan seperti contoh dibawah ini
Terakhir, data yang tadi ingin ditampilkan belum langsung menunjukkan data sesungguhnya, tapi masih dalam bentuk nama datanya. Misalnya kita ingin memasukkan nama, tetapi yang muncul bukan nama orang namun tulisan "Nama" , maka kita harus mengklik Preview Results untuk menampilkan data sesungguhnya yang kita input seperti contoh di bawah ini 



Itulah tutorial menggunakan Mail Merge di Ms Word. Semoga bermanfaat J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat dan Memodifikasi tabel serta menggunakan rumus sederhana di Ms Word 2010

Dalam memasukkan suatu data yang berisi banyak nilai atau perhitungan matematika, kita  dapat menggunakan sebuah tabel agar memudahkan kita dalam membaca data tersebut. Tabel adalah sekumpulan kotak yang terdiri dari baris dan kolom. Berikut adalah penjelasan mengenai membuat dan memodifikasi tabel serta rumus perhitungan sederhana di Ms Word 2010   Cara membuat tabel caranya, klik ke menu Insert, dan kita dapat memilih cara-cara dalam membuat tabel. Contoh di atas adalah salah satu cara membuat tabel dengan cara mengklik bagian kotak-kotak tersebut sesuai dengan kebutuhan, lalu tekan enter dan tabel akan terbentuk.Selain itu kita juga dapat menggunakan cara insert table, yaitu memasukkan jumlah kolom dan baris sesuai kebutuhan. Dan cara terakhir bisa dengan draw table, yaitu dengan cara menggambar sendiri tabel dengan pensil digital yang telah tersedia di Ms Word tersebut. Memodifikasi tabel Setelah berhasil membuat tabel, isi kotak-k...