Langsung ke konten utama

Manfaat penggunaan fungsi Autosum, Product, dan Sumproduct, Min, Max

Dalam menggunakan Microsoft Office Excel penggunaan fungsi autosum, product, dan sumproduct, min, max sering kali kita gunakan. Dikarenakan semua fungsi-fungsi tersebut sangat membantu kita dalam mengolah data dan membuat pekerjaan lebih cepat juga praktis. Dan harus diingat data, setiap memasukkan rumus/formula fungsi apa saja harus diawali dengan tanda = . Apa saja sih manfaat dari pengunaan fungsi tersebut?  Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat penggunaan fungsi autosum, product, san sumproduct, min, max :

AUTOSUM
         Fungsi Autosum pada Ms. Excel adalah membantu kita dalam melakukan penjumlahan data, pembagian data secara cepat dan tepat. Dengan memasukkan rumus/formula sesuai kebutuhan maka yang kita inginkan langsung terselesaikan.

SUM
Sum adalah sebuah fungsi yang membantu kita dalam menjumlahkan data dengan cepat dan tepat. Seperti contoh diatas, kita dapat mengklik dibagian kolom Total nilai kemudian memasukkan rumus =SUM(C2:C4) lalu tekan enter maka hasil nya akan keluar. Huruf C2 dengan C4 dilihat berdasarkan kolom dan baris data tersebut.

AVERAGE
Average adalah sebuah fungsi yang membantu kita dalam mencari nilai rata-rata dalam sebuah data. Dengan memasukkan rumus =AVERAGE(C2:C4) di kolom nilai rata-rata atau di kolom formula (fx) lalu tekan enter hasil nilai rata-rata pun akan muncul dengan akurat.

1. COUNT NUMBERS

Count Numbers ini adalah sebuah fungsi yang dapat membantu kita dalam mencari total data yang dibutuhkan. Seperti contoh diatas dapat dilihat rumus yang dimasukkan adalah =COUNT(C2:C4) tekan enter dan hasil total data yang kita butuhkan akan muncul.

2. PRODUCT

Product adalah sebuah fungsi yang membantu kita dalam melakukan perkalian dari banyak sel sekaligus. Seperti contoh contoh diatas. Keterangan dari rumus =PRODUCT(B2:C4) yaitu mengalikan sel dari B2 hingaa C4 (B2,C2,B3,C3,B4,C4) artinya 4x3x6x4x7x6 = 12096

 3. SUMPRODUCT


Sumproduct adalah sebuah fungsi yang membantu kita dalam mengalikan nilai yang berada dalam satu array dengan array yang lainnya dengan cepat. Seperti contoh diatas kita dapat langsung mengetahui jumlah total belanjaan dengan memasukkan rumus =SUMPRODUCT(C2:C4) tekan enter dan hasil nilai akan muncul. Keterangan dari rumus itu adalah mengalikan semua sel dari C2 sampai dengan C4 kemudian  mengalikan semua sel yang ada di D2 sampai dengan D4 lalu hasil kali tersebut dijumlahkan itulah hasil akhirnya.

4. MIN

Min adalah sebuah fungsi yang membantu kita dalam mencari nilai terendah atau terkecil dari suatu data. Sama dengan sebelumnya masukkan rumus di kolom formula (fx) atau di kolom nilai terendah denngan rumus =MIN(C2:C6) itu artinya mencari nilai terendah dari nilai di C2 sampai dengan C6. Tekan enter dan hasilnya akan muncul.

 5. MAX
Max adalah sebuah fungsi yang membantu kita dalam mencari nilai tertinggi atau terbesar dari suatu data. Seperti contoh yang terlihat di atas dan sama dengan mencari nilai terendah, kita hanya perlu memasukkan rumus =MAX(C2:C6) tekan enter dan hasilnya akan muncul.

Oke sekian tutorial dari saya, selamat mencoba guys :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat dan Memodifikasi tabel serta menggunakan rumus sederhana di Ms Word 2010

Dalam memasukkan suatu data yang berisi banyak nilai atau perhitungan matematika, kita  dapat menggunakan sebuah tabel agar memudahkan kita dalam membaca data tersebut. Tabel adalah sekumpulan kotak yang terdiri dari baris dan kolom. Berikut adalah penjelasan mengenai membuat dan memodifikasi tabel serta rumus perhitungan sederhana di Ms Word 2010   Cara membuat tabel caranya, klik ke menu Insert, dan kita dapat memilih cara-cara dalam membuat tabel. Contoh di atas adalah salah satu cara membuat tabel dengan cara mengklik bagian kotak-kotak tersebut sesuai dengan kebutuhan, lalu tekan enter dan tabel akan terbentuk.Selain itu kita juga dapat menggunakan cara insert table, yaitu memasukkan jumlah kolom dan baris sesuai kebutuhan. Dan cara terakhir bisa dengan draw table, yaitu dengan cara menggambar sendiri tabel dengan pensil digital yang telah tersedia di Ms Word tersebut. Memodifikasi tabel Setelah berhasil membuat tabel, isi kotak-kotak tersebut dengan dat

Pengenalan microsoft word 2010, Menu dan fungsi menu

            Microsoft Office Word 2010 biasa juga dikenal dengan Microsoft Word ini merupakan sebuah program aplikasi pengelolahan kata buatan Microsoft Corporation. MS Word merupakan pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. Tampilannya yang lebih user  frendly dan sudah menggunakan ribbon (ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak dimasa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu tool). Perlu diketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word 2010 adalah sebagai berikut:             1. Tab File             2. Tab Home             3. Tab Page Layout             4. Tab References             5. Tab Mailing             6. Tab Review             7. Tab View             8. Tab Insert A. Tab File 1. New                                    : Membuka dockument baru yang masih kosong 2. Open                                   : Membuka file dokumen yang telah disimpan 3. Close                                   : Mrenutup dokumen 4. Sa

FUNGSI DAN PENGGUNAAN VLOOKUP DAN HLOOKUP DALAM MICROSOFT EXCEL

    Hlookup dan Vlookup adalah fasilitas yang terdapat didalam microsoft exel untuk membuat dan menghitung tabel yang berisikan data-data yang mendatar maupun berbentuk horizontal. Hlookup dan Vlookup bagian drai fungsi Lookup. Hlookup dan Vlookup dari Penggunaannya hampir sama melainkan hanya berbeda pada penggunaan data yang akan kita gunakan terletak pada horizontal (Hlookup) dan Vertikal (Vlookup). A. Vlookup          Vlookup merupakan istilah Vertikal yang digunakan untuk menampilkan data yang judulnya terletak diatas kemudian datanya menyusun kebawah secara vertikal. Contoh tabel Vlookup gambar dibwah ini : Adapun penulisan fungsi Vlookup , formulanya sebagai berikut : =Vlookup(Lookup_value, table_array_ col_index_num,[range_lookup]). Bisa kita Baca juga =Vlookup(Nilai,Kunci,Letak,Table,Nomorkolom). B. Hlookup       Hlookup  merupakan yang memiliki fungsi untuk menampilkan data yang format tabelnya dalam bentuk horizontal. Contoh tabel Hlookup :