Dalam memasukkan suatu data yang berisi banyak nilai atau
perhitungan matematika, kita dapat menggunakan
sebuah tabel agar memudahkan kita dalam membaca data tersebut. Tabel adalah
sekumpulan kotak yang terdiri dari baris dan kolom. Berikut adalah penjelasan
mengenai membuat dan memodifikasi tabel serta rumus perhitungan sederhana di Ms
Word 2010
Cara membuat tabel
caranya, klik ke menu Insert, dan kita dapat memilih
cara-cara dalam membuat tabel. Contoh di atas adalah salah satu cara membuat tabel dengan
cara mengklik bagian kotak-kotak tersebut sesuai dengan kebutuhan, lalu tekan enter
dan tabel akan terbentuk.Selain itu kita juga dapat menggunakan cara insert table, yaitu memasukkan jumlah
kolom dan baris sesuai kebutuhan. Dan cara terakhir bisa dengan draw
table, yaitu dengan cara menggambar sendiri tabel dengan pensil digital yang
telah tersedia di Ms Word tersebut.
Memodifikasi tabel
Setelah berhasil membuat tabel, isi
kotak-kotak tersebut dengan data yang kita inginkan. Dan kita juga bisa
memodifikasi tabel tersebut sesuai kebutuhan dan selera kita. Seperti contoh diatas untuk
dapat menggabungkan antara kedua kolom agar menjadi satu seperti kolom
"NAMA" maka yang dilakukan adalah blok kedua kolom yang hendak
disatukan, lalu klik menu Layout dan pilih Merge Cells seperti
contoh dibawah ini.
Kemudian, jika kita ingin membuat tabel tersebut menjadi lebih menarik dan
berwarna, kita dapat memodifikasinya dengan cara klik tabel lalu klik
menu Design, nanti akan muncul pilihan-pilihan tabel
dengan warna-warni yang cantik seperti contoh di bawah ini, untuk
mengaplikasikannya kalian tinggal pilih dan klik tabel yang kalian sukai.
Kemudian, jika kalian ingin menambahkan tabel maka kalian
dapat ke menu layout dan arahkan kursor ke tempat tabel yang ingin ditambahkan,
kita dapat menambahkan tabel ke kiri (insert left), ke kanan (insert right), ke
atas (insert above) maupun ke bawah (insert below) seperti contoh di bawah ini.
Menggunakan rumus sederhana di Ms Word 2010
Dalam memasukkan rumus
sederhana di Ms Word kita langsung ke menu Layoutkemudian
klik Formula (fx) yang berada di sudut, setelah kita klik maka akan
muncul sebuah kotak seperti gambar diatas dan terakhir kita tinggal masukkan
rumus penjumlahan untuk mendapatkan total nilai yang diinginkan. Rumus apapun
selalu diawali dengan tanda = baru kemudian angka/nilai dan diikuti tanda
penjumlahan (+) atau tanda lainnya sesuai kebutuhan lalu etkan enter dan hasil
nya akan muncul.
Begitu juga dengan pembagian, ataupun pengurangan, yang
berubah hanya tanda perhitungannya saja, sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. berikut ini adalah tabel hasil akhir dari pembuatan, modifikasi serta
perhitungan menggunakan rumus sederhana di Ms Word 2010
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Komentar
Posting Komentar